Profil

BCM School

Pasar Modal adalah sarana penting untuk mendorong perekonomian suatu negara melalui kemudahan bagi perusahaan untuk mendapatkan dana yang lebih murah guna melakukan ekspansi usaha. Pasar Modal Indonesia atau Bursa Efek Indonesia yang sudah berkembang dengan 560 perusahaan yang sudah memanfaatkan pasar modal. Perusahaan tersebut dapat mengembangkan usahanya dengan melakukan penjualan saham untuk umum (go publik) guna pembiayaan dalam pengembangan usaha. Keberadaan pasar modal juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki perusahaan dengan cara membeli saham di pasar modal baik di pasar perdana (initial public offering) atau pada pasar sekunder (secondary market). Jumlah kapitalisasi pasar modal atau nilai saham yang diperdagangkan sudah mencapai 7.000 trilyun.

Permasalahannya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli pasar modal masih sangat kurang. Pada dewasa ini pemerintah sedang menggalakkan pengembangan dan revitalisasi pendidikan vokasi karena adanya kesenjangan antara kebutuhan industri dengan lulusan perguruan tinggi sebagai akibatnya lulusan perguruan tinggi yang tidak terserap dalam pasar lapangan kerja (labor market) yang sesuai.


Business and Capital Market (BCM) School/Politeknik Bisnis dan Pasar Modal hadir untuk mencetak ahli pasar modal guna memenuhi kebutuhan SDM yang ahli pasar modal. Business and Capital Market (BCM) School/Politeknik Bisnis dan Pasar Modal (ter-Akreditas) adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berkomitmen untuk mencetak ahli pasar modal.

Business and Capital Market (BCM) School adalah Brand Name dari Politeknik Bisnis dan Pasar Modal. Politeknik Bisnis dan Pasar Modal didirikan oleh Yayasan Bina Insan Pasar Modal dengan Akte Notaris Carsuandy, SH No. 2 Tanggal 9 Januari 2015. Business and Capital Market (BCM) School/Politeknik Bisnis dan Pasar Modal memperoleh Ijin Pendirian Perguruan Tinggi berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 188/KPT/I/2017 pada tanggal 1 Maret 2017. Dimana Program Studi yang diselenggarakan meliputi Program Studi D3 Akuntansi & Akuntasi Konsentrasi Pasar Modal, Program Studi D3 Manajemen Pajak dan Program Studi D3 Manajemen Aktuaria.

Pengelola Business and Capital Market (BCM) School adalah Suyono Salamun MBA, MA, Ph.D yang pernah menjadi Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun 1997 sampai dengan 2008 atau selama 12 tahun. STAN sekarang menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN. Oleh karena itu, Business and Capital Market (BCM) School lebih berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri atau Market Driven Education. Business and Capital Market (BCM) School telah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di Industri Pasar Modal sehingga lulusan dari program studi ini dijamin memperoleh pekerjaan. Selain itu lulusan Business and Capital Market (BCM) School juga diberi kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1) secara langsung ke Perguruan tinggi swasta yang ter-Akreditasi B.